Sabtu, 15 Mei 2010

Diet Sehat dengan Buah

Mengonsumsi buah-buahan wajib dilakukan untuk menjaga tubuh tetap segar dan bugar. Tak salah bila banyak orang pun memilih buah sebagai camilan untuk diet.

Pada dasarnya buah-buahan menyediakan sumber vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Selain itu, buah juga kaya akan serat dan komponen lainnya yang penting bagi kesehatan. Sebagai contoh, buah pomegranate mengandung serat dan juga vitamin-vitamin penting, seperti vitamin C, E, B1, B2, B3, serta B6. Selain itu, buah-buahan juga mengandung antioksidan yang bermanfaat dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh.

”Untuk mendapatkan manfaat buah-buahan yang lebih optimal, maka konsumsinya pun harus dalam jumlah yang cukup. Departemen Kesehatan RI dalam Pedoman Umum Gizi Seimbang, memberikan pedoman berupa gambaran piramida Tri Guna Makanan. Dalam piramida ini disarankan untuk mengonsumsi 3-5 porsi buah per hari,” saran Associate Manager Nutrifood Research Agustino Romula kepada okezone, Rabu (5/5/2010).

Menurut Agustino, dalam program diet yang tepat, buah-buahan harus selalu disertakan dan dikonsumsi setiap hari. Beberapa jenis buah-buahan seperti apel dan pear, dapat dijadikan sebagai camilan yang sehat. Kandungan serat, air, serta kepadatan dalam buah tersebut dapat memperlama rasa kenyang, sehingga konsumsi camilan pun menjadi terkontrol dan sehat.

Berbicara mengenai buah, sambungnya, sebenarnya tidak dapat dipisahkan juga dari sayur. Selain buah, Departemen Kesehatan RI juga menyarankan untuk mengonsumsi sayur minimal 2-3 porsi setiap hari, karena sayur juga merupakan bagian dari nutrisi seimbang yang tercantum pada piramida Tri Guna Makanan. Secara alami, sayur merupakan makanan yang rendah lemak dan rendah kalori. Sayur-sayuran juga merupakan sumber serat dan berbagai vitamin-mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

”Penting sekali untuk selalu mengonsumsi buah dan sayur setiap hari. Penelitian memperlihatkan bahwa manfaat antioksidan yang terkandung dalam buah dan sayur ternyata akan lebih optimal apabila keduanya bersinergi. Oleh karena itu, buah dan sayur harus menjadi bagian yang wajib dalam makanan sehari-hari,” tukasnya.
Sumber : http://tangerangonline.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar